ESTIMASI PERFORMA SISTEM PROPULSI PADA KAPAL DENGAN TIPE CONTROLLABLE PITCH PROPELLER

Main Article Content

Dwitya Harits Waskito

Abstract

Perhitungan performa sistem propulsi sebuah kapal secara real-time sangat penting untuk dapat mengukur kualitas dan efisiensi dari komponen yang ada pada sistem propulsi itu sendiri. Metode yang telah dikembangkan berpusat kepada perhitungan pada kapal dengan tipe propeller Fixed Pitch Propeller, sedangkan untuk kapal dengan tipe Controllable Pitch Propeller metode tersebut kurang tepat jika digunakan karena perbedaan pitch pada setiap kecepatan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode perhitungan analitik yang dapat digunakan secara efisien, mudah, akurat, dan dapat dilakukan pada saat kapal berlayar. Metode yang digunakan adalah mendapatkan data dari pitch pada propeller pada masing – masing kecepatan dimana dari data pitch tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan nilai estimasi performa sistem propulsi dengan menggunakan metode engine- propeller matching. Metode perhitungan yang dilakukan pada tulisan ini dapat juga digunakan sebagai pembanding terhadap kondisi sistem propulsi kapal terkini dengan kondisi propulsi kapal pada saat commissioning.

 

Kata Kunci: propulsi; Controllable Pitch Propeller;  pitch;  propeller; kapal riset

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Dwitya Harits Waskito, Laboratory for Marine Survey Technology, Agency for the Assessment and Application of Technology

Fleet Maintenance Division

References

Bernitsas, M., Ray, D., dan Kinley, P. (1981). Kt Kq Eta curves -Wageningen B-Series Propellers. Department of Naval Architecture and Marine Engineering, The University of Michigan.

Chuang, Z., dan Steen, S. (2011). Prediction of Speed Loss of a Ship in Waves. In: Second International Symposium on Marine Propulsors Smp’11, Hamburg, June 11. The Institute for Fluid Dynamics and Ship Theory (FDS)-Hamburg University of Technology (TUHH), German Society for Maritime Technology (STG).

Dang, J., van den Boom, H. J. J., dan Ligtelijn, J. Th. (2013). The Wageningen C-and D-Series Propellers. In: 12th International Conference on Fast Sea Transportation FAST, Amsterdam, The Netherlands.

Holtrop, J., dan Mennen, G. G. J. (1982). An approximate power prediction method. International Shipbuilding Progress 29.335, 166–170. https://doi.org/10.3233/ISP-1982-2933501.

International Maritime Organization. (2015). Third IMO GHG Study 2014 Executive Summary and Final Report. www.imo.org.

Molland, A. F., Turnock, S. R., dan Hudson, D. A. (2011). Wake and Thrust Deduction. In Ship Resistance and Propulsion: Vol. I (pp. 144–161). https://doi.org/10.1017/ CBO9780511974113.

Tsujimoto, M., Kuroda, M., Shibata, K., Sogihara, N., dan

Takagi, K. (2009). On a Calculation of Decrease of Ship Speed in Actual Seas. Journal of Japan Society of Naval Architects and Ocean Engineer, 9, 79–85. https://doi.org/https://doi.org/ 10.2534/jjasnaoe.9.79.

Waskito, D. (2018). Technical Note 1_Analisa Delivered Power K.R. Baruna Jaya IV. Catatan Teknis. Balai Teknologi Survei Kelautan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta.1-4pp.

Zhao, F., Yang, W., Tan, W. W., Chou, S. K., dan Yu, W. (2015). An Overall Ship Propulsion Model for Fuel Efficiency Study. Energy Procedia, 75(65), 813–818. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2015.07.139.