KALIBRASI PATCH TEST UNTUK MULTIBEAM ECHO SOUNDER LAUT DALAM DI KR BARUNA JAYA-1

Main Article Content

Djunaedi Muljawan
Dwi Haryanto
M. Ilyas

Abstract

KR. Baruna Jaya I telah melakukan revitalisasi peralatan melalui pemasangan sistem Multibeam Echosounder (MBES) laut dalam dengan transducer terpasang secara permanen di lunas kapal. Untuk memperoleh kedalaman dasar laut yang berkualitas baik melalui sistem MBES, diperlukan kesejajaran transducer terhadap sistem kordinat kapal. Ketidaksejajaran transducer ini menyebabkan adanya sudut rotasi transducer terhadap sistem kordinat kapal dan dinyatakan dengan komponen roll, pitch, dan yaw.  Dengan metode kalibrasi Patch Test, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sudut simpangan roll, pitch, dan yaw dari pemasangan transduces MBES KR. Baruna Jaya I. Hasil kalibrasi patch test menunjukan komponen roll sebesar 0.200 dan komponen pitch sebesar 0.450. Komponen roll dan pitch memenuhi toleransi dengan rentang kesalahan ± 0.50. Sedangkan untuk komponen yaw sebesar 1.430 di atas toleransi ± 0.50. Kalibrasi yaw melewati batas toleransi dikarenakan perbedaan arah kapal terhadap lajur survei kalibrasi yaw.

Kata kunci: multibeam echosounder, ketidaksejajaran transducer, pacth test, roll-pitch- yaw

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Djunaedi Muljawan, Balai Teknologi Survey Kelautan- BPPT

Geo marine, marine technology

References

Brennan, C.W. (2009). Multibeam Calibration: The Patch Test. R2Sonic LLC. USA

Clarke, J. (2003). A Reassessment of Vessel Coordinate System: What Is it That We Are Really Aligning? In: Proceedings of the U.S. Hydrographic Conference 2003, 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.

Muljawan, D. (2017). Sea Trial Sea Acceptance Test (SAT) Peralatan Multibeam Hydrosweep DS di KR. Baruna Jaya I, Selat Sunda - Samudera Hindia - Selat Sunda - Muara Baru, 25 – 29 November 2017. Laporan Sea Trial. Balai Teknologi Survei Kelautan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. p. 30.

Lugsdin, A. and Schulze, B. (2006). Multibeam Calibration Guide for Sea Beam 1180 & 1050 / Elac Sw & Mw System. L3-Communications Elac Nautik GmbH, Kiel, Germany.

IHO. (2011). Manual on Hydrography, C-13, Chapter Depth Determination. International Hydrographic Organozation (IHO), 1st Edition.

Richardson, P. L. (1997). Drifting in The Wind: Leeway Error in Shipdrift Data. Deep Sea Research Part I: Oceanographic Research Papers, 44(11), 1877–1903. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0967-0637(97)00059-9

Mann, R. (1998). Field Calibration Procedures for Multibeam Sonar Systems, U.S. Army Corps of Engineers Topographic Engineering Center, Virginia, USA.

Teledyne RESON. (2019). Atlas Hydrosweep DS. Retrieved from http://www.sea-landtech.com/wp-content/uploads/2018/07/Teledyne-Hydrosweep-DS_Data-Sheet.pdf

Walter, H., Wagman, J., Stergiou, N., Erkmen, N., & Stoffregen, T. (2017). Dynamic perception of dynamic affordances: walking on a ship at sea. Experimental Brain Research, 235(2), 517–524. https://doi.org/10.1007/s00221-016-4810-6