IDENTIFIKASI GRAVITY WAVES MENGGUNAKAN HIGH PASS FILTER WATER VAPOR BAND SATELIT HIMAWARI DAN DATA MODEL NUMERIK

Main Article Content

I Kadek Nova Arta Kusuma
Firman Setiabudi
Eka Fibriantika
Yunus Subagyo Swarinoto

Abstract

Di Indonesia, pemanfaatan citra satelit dan model numerik menjadi acuan utama dalam kegiatan operasional cuaca penerbangan. Fenomena cuaca penerbangan yang masih sulit dideteksi adalah clear air turbulence (CAT). Salah satu penyebab terjadinya CAT adalah adanya gravity wave yang terbentuk di atmosfer. Pada paper ini akan ditunjukkan studi kasus fenomena gravity wave yang diidentifikasi menggunakan metode high pass filter pada water vapor band satelit Himawari dan dianalisis menggunakan model ECMWF 0.125 degree. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode high pass filter dapat membantu mengenali fenomena gravity wave menjadi lebih mudah dalam bentuk paralel strips.  Pada studi kasus ini, gravity wave terbentuk karena selisih angin yang besar pada lapisan 200 mb dan 250 mb sehingga membentuk vertical wind shear dan cloud billows yang terdeteksi pada Water Vapor Band dan memiliki pola tegak lurus terhadap angin.

Article Details

Section
Articles

References

Das, Subrata, Das, S., Saha, K., Krishna, M., Dani, K. (2017). Investigation of Kelvin-Helmholtz Instability in The Boundary Layer using Doppler Lidar and Radiosonde Data. Atmospheric Research 202. doi:10.1016/j.atmosres.2017.11.013.

Ellrod, G.P. (1989). A Decision Tree Approach to Clear Air Turbulence Analysis Using Satellite and Upper Air Data. NOAA Technical Memorandum NESDIS 23, Satellite Applications Laboratory, Washington.

Ellrod, G.P., (2000). Satellite Images Provide Valuable Information Supplement to The Aviation Meteorologist. ICAO Journal 55(2), 6-10.

Eumetrian. (2017). Gravity Waves http://www.eumetrain.org/data/4/452/navmenu.php?tab=7&page=1.0.0. (diakses tanggal 13 Agustus 2020)

Feltz, W.F., Bedka, K.M., Otkin, J.A., Greenwald, T., Ackerman, S.A. (2009). Understanding Satellite-Observed Mountain-Wave Signatures Using High-Resolution Numerical Model Data. Weather and Forecasting 24(1), 76–86. doi: 10.1175/2008WAF2222127.1.

Horinouchi, T., Shimada, U., Wada, A. (2020). Convective Bursts With Gravity Waves in Tropical Cyclones: Case Study With the Himawari?8 Satellite and Idealized Numerical Study. Geophysical Research Letters, 47(3). doi: 10.1029/2019GL086295

Overeem A., (2002). Verification of clear-air turbulence forecasts, Technisch rapport, KNMI

Shimada, U., Hironouchi, T. (2018). Reintensification and Eyewall Formation in Strong Shear: A Case Study of Typhoon Noul (2015). Monthly Weather Review, 146(9), 2799-2817. doi: 10.1175/MWR-D-18-0035.1.

Wimmers, Anthony, Griffin, S., Gerth, J., Bachmeier, S., Lindstrom, S. (2018). Observations of Gravity waves with High-Pass Filtering in the New Generation of Geostationary Imagers and Their Relation to Aircraft Turbulence. Weather and Forecasting 33(1). doi: 10.1175/WAF-D-17-0080.1.

WMO. (2018). Aviation Hazards. AeM Series No. 3, Commission for Aeronautical Meteorology. Switzerland: Chair, Publications Board World Meteorological Organization (WMO)

Wu, Renbiao, Fan, Y., Lu, X., Zhang, Z., Li, H. (2018). Detection of Clear Air Turbulence by Airborne Weather Radar using RR-MWF Method. 2018 IEEE/AIAA 37th Digital Avionics Systems Conference (DASC). doi: 10.1109/DASC.2018.8569571.