Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Teknologi Lingkungan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

1. Penulis dimohon untuk membuat surat pernyataan kliren etik (terlampir)

2. Petunjuk ini bukan template. Silakan menggunakan template yang disediakan dapat diunduh di sini. File menggunakan format MS Word hingga edisi 2007 dengan format doc dan bukan docx.

3. Petunjuk penulisan dalam bentuk pdf bisa diunduh di sini

4. Jurnal ini merupakan jurnal dengan open access terakreditasi namun berbayar. Naskah yang berhasil melalui seleksi hingga akhir dan layak terbit akan diminta kontribusinya. Jika hanya submit namun tidak lulus tahapan OJS maka author tidak perlu membayar

5. Naskah JTL terdiri dari bagian berikut

  • Judul dalam Bahasa indonesia
  • Judul dalam Bahasa Inggris
  • Nama penulis (bisa lebih dari 1)
  • Alamat Instansi
  • Abstrak dalam Bahasa Inggris, dilengkapi dengan keywords
  • Abstrak dalam bahasa Indonesia, dilengkapi dengan kata kunci
  • Tulisan Utama yang terdiri dari (Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Persantunan dan Daftar Pustaka)
 6. Aturan umum naskah JTL terdiri dari bagian berikut:
 
  • Artikel ditulis dengan huruf Arial 10pt dan justify dalam format kertas A4 dengan batas margin atas, bawah dan kiri adalah 2.5 cm, dan margin kanan adalah 2 cm. Mulai dari bab PENDAHULUAN sampai DAFTAR PUSTAKA ditulis dalam bentuk 2 kolom dengan jarak antar kolom 1 cm. Panjang naskah 8 sampai 10 halaman.
  • Naskah disusun dalam empat (4) bab (ditulis dengan huruf Arial 10pt, kapital, tebal, dan Left) dan diberi nomor dengan angka arab yaitu: 1. PENDAHULUAN, 2. BAHAN DAN METODE, 3. HASIL DAN PEMBAHASAN, 4. KESIMPULAN, PERSANTUNAN    dan    DAFTAR   PUSTAKA.. Subjudul persantunan ditulis sebelum daftar pustaka. Subbab ditulis dengan huruf capitalize each word dan diberi nomor bertingkat dengan angka Arab, sebagai contoh 1.1, 1.2, 2.1, dst. Diberikan spasi 6pt antara bab, subbab dengan body artikel
  • Penggunaan catatan kaki tidak diperkenankan. Simbol atau lambang ditulis dengan jelas dan konsisten. Istilah asing ditulis dengan huruf italic. Singkatan harus dituliskan kepanjangannya secara lengkap pada saat disebutkan pertama kali, setelah itu ditulis kata singkatannya saja.
  • Jumlah pustaka yang digunakan sekurang- kurangnya terdiri dari 10 pustaka dengan mengutanakan sumer- sumber pustaka  primer dan menghindari kutipan dari media populer dan situs-situs non ilmiah (personal blok, wikipedia, dll.).
  • Sumber acuan primer yang dimaksud dapat berupa makalah ilmiah dalam jurnal internasional, nasional terakreditasi, hasil penelitian di dalam disertasi, tesis, dan skripsi. Buku (textbook), dikelompokan dalam sumber acuan sekunder. 
  • Format daftar pustaka yang digunakan mengacu pada model yang dikembangkan oleh American Psychological Association (APA) 6th. Penulisan daftar pustaka sesuai dengan urutan pengutipannya.Kutipan dari daftar pustaka dibuat superscript, dengan kurung(1). Angka satu (1), menunjukkan nomor dalam daftar pustaka.  Kutipan diurutkan sesuai dengan urutan pengutipan. Kutipan bertingkat seperti yang ditunjukkan dengan kata “dalam” harus dihindari. Yang benar menggunakan kurung : (1, 15),BUKAN ditulis  : (1), (15) atau [1], [15] atau [1,15]
  • Direkomendasikan menggunakan format yang tersedia berdasarkan format internasional. Bisa menggunakan Zotero, Endnote atau Mendeley. 
  • Tabel dibuat dalam format terbuka. Tabel ditulis dengan huruf Arial ukuran 10 pt dan berjarak satu spasi dibawah judul tabel. Judul tabel ditulis dengan huruf berukuran 10 pt dan ditempatkan diatas tabel. Penomoran tabel menggunakan angka Arab (1, 2, ...). Apabila  tabel memiliki lajur atau kolom cukup banyak, bisa digunakan format satu kolom atau satu halaman penuh. Apabila judul pada lajur label terlalu panjang, maka lajur diberi nomor dan keterangannya di bawah tabel.
  • Gambar diletakkan segera setelah disebutkan dalam naskah. Apabila gambar cukup besar, bisa digunakan format satu kolom.  Penomoran gambar menggunakan angka Arab. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf Arial berukuran 10 pt dan diletakkan di bagian bawah. Gambar yang telah dipublikasikan penulis lainnya harus disebutkan sumbernya dalam keterangan gambar
  • Apabila terdapat persamaan reaksi atau matematis, diletakkan simetris pada kolom. Nomor persamaan diletakkan di ujung kanan dalam tanda kurung, dan penomoran dilakukan secara berurutan. Apabila terdapat rangkaian persamaan yang lebih dari satu baris, maka penulisan nomor diletakkan pada baris terakhir. Penunjukkan persamaan dalam naskah dalam bentuk singkatan
  • Istilah dalam bahasa asing dan simbul matematika ditulis dengan huruf miring/italic. 
  • Untuk bagian utama naskah :
  1. Judul dalam Bahasa indonesia: judul artikel harus padat, jelas, informatif, dan tidak lebih dari 20 kata (arial 14pt, capitalize each word, tebal, tengah)
  2. Judul dalam Bahasa Inggris, : judul artikel disesuaikan dengan judul bahasa indonesia nya dan tidak lebih dari 20 kata (arial 14pt, capitalize each word, tebal, tengah)
  3. Nama penulis (bisa lebih dari 1): apabila nama penulis lebih dari satu maka nama penulis ditulis dengan menyertakan tanda nomor indeks yang harus disesuaikan dengan alamat lembaga penulis serta ditambahkan “dan” di penulis terakhir. (Arial 10pt, UPPERCASE, Tebal, dan Tengah)
  4. Alamat Instansi : apabila alamat/instansi penulis berbeda maka nomor indeks disesuaikan dengan nomor indeks di nama penulis. Khusus penulis pertama harus dilengkapi dengan telepon, fax dan email (Arial 8pt dan tengah)
  5. Abstrak dalam Bahasa Inggris, dilengkapi dengan keywords. Judul abstrak (Arial 10pt, italic, bolt, and center). Body abstrak: Abstract should be written in Indonesian and English language with no more than 250 words. Italic letters must be applied for English language. Abstract must be informative that briefly states the background, objective, basic procedure, main findings, and conclusion of the study. Since the abstract is often presented separatly from the main article, it must be able to stand on its own. (Arial 10pt, italic, and justfy). Keywords: maximum 5 keywords in English (Arial 10pt, italic, and left)
  6. Abstrak dalam bahasa Indonesia, dilengkapi dengan kata kunci. Jumlah kata maksimal 250 kata. Abstrak harus informatif dan menyatakan latar belakang masalah, tujuan dari penelitian, metode penelitian (pemilihan objek yang ditelti, metode pengamatan, dan analisis), meringkaskan isi dan kesimpulan dari intisari naskah.
  7. Tulisan Utama yang terdiri dari : 
  • Pendahuluan: terdiri dari: latar belakang, tinjauan pustaka/landasan teori, dan tujuan penelitian.
  • Bahan dan metode: Metode peneitian yang digunakan  harus ditulis sesuai dengan cara ilmiah, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Seyogyanya disebutkan waktu dan tempat penelitian secara jelas, berikut data serta alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian. Bahan dan Metode harus menjelaskan tentang bahan dan  peralatan  penelitian yang digunakan serta prosedur penelitian dan analisis data. Untuk studi lapangan, sebaiknya disertakan pula lokasi penelitiannya.
  • Hasil dan Pembahasan: Hasil dan pembahasan harus ditulis sebagai suatu rangkaian, dan pembahasan yang panjang harus dibagi ke dalam beberapa sub judul. Hasilnya harus jelas dan ringkas.
  • Pembahasan : terutama menjelaskan mengapa dan bagaimana hasil penelitian itu terjadi, dan tidak hanya mengekspresikan kembali hasil yang diperoleh dalam bentuk kalimat, tidak mengulanginya lagi. Pembahasan harus juga membandingkan hasil yang diperoleh dengan hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan sebelumnya.
  • Kesimpulan :Kesimpulan bisa berupa kesimpulan khusus dan kesimpulan umum
  • Persantunan : Persantunan disajikan secara singkat; semua sumber dana penelitian perlu disebutkan, dan setiap potensi konflik kepentingan disebutkan.
  • Daftar Pustaka

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. I hereby declare that this submission is my own work.
  2. I hereby stated that this manusrcipt have no plagiarism matter.
  3. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  4. The submission file is in Microsoft Word (.doc) file format.
  5. The manuscript structure already consist: Introduction, Material and Method, Result and Discussion, Conclusion, Acknowledgement, and References.
  6. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  7. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

JTL provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

JTL by PTL-BPPT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JTL

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.