Profil Emisi Gas Buang Dari Pesawat Udara di Sejumlah Bandara di Indonesia

Wahyu Purwanta

Abstract


Polutan yang dihasilkan dari mesin-mesin pesawat udara (exhaust gas polution) perlu diperhatikan dampak buruknya terhadap lingkungan, meskipun hanya menyumbang sekitar 3% dari total emisi udara dunia tapi dengan banyaknya pesawat udara komersial yang beroperasi dari hari kehari semakin meningkat, maka angka persentase emisi tersebut diprediksi akan meningkat. Secara global, pesawat udara menghasilkan 2% total produksi emisi karbon dioksida (CO2) per tahun, atau sebanyak 13 % dari emisi CO2 yang dihasilkan dari seluruh kendaraan dan diprediksi naik menjadi 3 % sampai tahun 2050.Studi ini bertujuan mengetahui jumlah emisi gas rumah kaca (GHG) dari sektor perhubungan udara dan prediksi pada masa mendatang. Dari hasil perhitungan dalam studi ini diperoleh total emisi GRK (CO2 dan CH4) sebesar 8.171,04 kTon CO2 eq terdiri atas emisi saat LTO 1.203,5 kTon CO2 eq (15 %) dan saat cruise sebesar 6.967,5 kTon CO2 eq (85 %) basis data 2012. Emisi GRK didominasi oleh gas CO2 (99,7%) sedangkan hidrokarbon kurang dari 0,3%. Emisi GRK pesawat udara pada saat tahap cruise sangat dominan mencapai 85% dari emisi total.

Key words : Emisi, Gas Buang, Pesawat Udara


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29122/jtl.v16i1.1607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.