PERSEPSI DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP MANFAAT BANTUAN PSD-PU

Main Article Content

Muhammad Ansorudin Sidik

Abstract

Dirjen Cipta Karya telah memberikan bantuan PSD-PU kepada Pengembang dan Koperasi yang membangun RS dan RSS. Selama ini besarnya manfaat dari bantuan tersebut kepada masyarakat dan Pemda belum pernah diukur. Dengan berdasar kepada persepsi dan sikap masyarakat dilakukan kajian dengan menggunakan skala Likert yang diinterpretasikan ke dalam skala derajat manfaat.
Dari kajian tersebut diketahui bahwa derajat manfaat yang diperoleh masyarakatatas bantuan prasarana jalan mendapat nilai rata-rata 67% yang berarti dalam derajat lebih bermanfaat. Demikian pula untuk bantuan saluran air dan gorong- gorong mendapat nilai rata-rata 79% yang masih dalam kategori lebih bermanfaat. Manfaat yang diperoleh antara lain : meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dapat menyerap tenaga kerja setempat, dapat menunjang perekonomian masyarakat sekitar, dan dapat meningkatkan nilai jual tanah.
Sedangkan dari sudut pandang Pemda nilai rata-rata yang diperoleh 60% yang berarti dalam kategori bermanfaat. Adapun manfaat yang diperoleh antara lain dapat mendorong masyarakat membayar pajak.

Article Details

Section
RESEARCH ARTICLES