ANALISIS KERUSAKAN RADIATOR SEPEDA MOTOR 150cc

Authors

  • amin suhadi B2TKS

DOI:

https://doi.org/10.29122/mipi.v11i2.2257

Abstract

Sepeda motor yang mempunyai kapasitas mesin relativ besar memerlukan pendingin yang efisien agar ketika beroperasi tidak mengalami panas yang berlebihan sehingga dapat merusak mesin tersebut.  Jika sepedamotor dengan kapasitas mesin kecil cukup menggunakan pendingin udara, maka untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin besar digunakan pendingin dengan sistim cairan, dan dikenal dengan nama radiator.  Jika radiator rusak maka sistim pendinginan tidak berjalan dengan baik sehingga berpotensi terjadi kebakaran pada mesin.  Pada penelitian ini di lakukan analisa terhadap kebocoran yang terjadi pada sebuah radiator sepeda motor 150 cc, tujuan penelitian adalah untuk mencari akar penyebab kerusakan dari radiator tersebut agar kerusakan serupa tidak terjadi pada produk sepedamotor yang sejenis.  Analisa yang dilakukan meliputi pemeriksaan permukaan patahan dengan cara analisa makro fraktografi, pemeriksaan struktur mikro, pemeriksaan komposisi kimia, pemeriksaan kekerasan dan pemeriksaan SEM (Scanning Electron Microscopy) serta pemeriksaan menggunakan EDS (Energy Dispersive Spectrometer).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa retak dan patahnya penopang radiator disebabkan adanya beban dinamis atau getaran yang terjadi pada konstruksi tersebut dan dipikul oleh pelat penopang radiator.  Bukti dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa karet yang berfungsi sebagai peredam getaran radiator pada posisi atas telah aus dan kendur sehingga fungsi peredaman tidak optimum lagi, sehingga pelat penopang radiator retak dan retaknya merambat ke kisi kisi yang berisi cairan pendingin dan mengakibatkan kebocoran.

References

Biermann, Arnold E.; Ellerbrock, Herman H., Jr (1939). The design of fins for air-cooled cylinders (pdf). NACA. Report Nº. 726.

P V Lamarque: "The Design of Cooling Fins for Motor-Cycle Engines". Report of the Automobile Research Committee, Institution of Automobile Engineers Magazine, March 1943 issue, and also in "The Institution of Automobile Engineers Proceedings, XXXVII, Session 1942-43, pp 99-134 and 309-312.

"Air-cooled Automotive Engines", Julius Mackerle, M. E.; Charles Griffin & Company Ltd., London, 1972.

https://andigunawan1207.wordpress.com/2013/12/12/sistem-pendinginan-sepeda-motor/

Dieter,G.E., Mechanical Metallurgy, McGraw-Hill,1988, p.375-431

Fuchs,H.O., Stephens,R.I., Metal Fatigue in Engineering, John Wiley & Sons, New York,2010.

Sandor,B.I., Fundamental of Cyclic Stress and Strain, The University of Wisconsin Press, Madison, 2002.

……., Failure Analysis and Prevention, Ninth Edition, American Society for Metals, ASM HAND BOOK Vol 11, Ohio, 2008.

……., Fractography, Ninth Edition, American Society for Metals, ASM HAND BOOK Vol 12, Ohio, 2008.

……., Corrosion, Ninth Edition, American Society for Metals, ASM HAND BOOK Vol 13, Ohio, 2008.

……., Metallography and microstructure, Ninth Edition, American Society for Metals, ASM HAND BOOK Vol 9,Ohio, 2008.

……., Metal Fatigue Damage Mechanisms, Detection, Avoidance and Repair, American Society for Testing and Materials, ASTM Spec.Tech.Publ.495, 2001.

Downloads

Published

2017-08-15