KAJIAN TRANSPORTASI SUNGAI MENGGUNAKAN KAPAL SEMIKATAMARAN

Authors

  • Luhut Tumpal Parulian Sinaga PTRIM-BPPT

DOI:

https://doi.org/10.29122/mipi.v11i2.2483

Abstract

Suatu usaha rekayasa engineering pemakaian kapal dengan efek gelombang yang tidak merusak lingkungan dan mampu berlayar pada kedalaman perairan terbatas perlu dibuat dan dikembangkan. Bentuk rekayasa lambung yang digunakan adalah  mengurangi tegangan permukaan air dengan cara membuat body ganda (semacam Tunnel ) di bawah permukaan air. Untuk selanjutnya body ganda di bawah permukaan air ini dinamakan dengan Kapal Hull Semi Catamaran (HSC). Rekayasa lambung kapal HSC dilaksanakan dengan pembuatan beberapa buah model kapal dengan variasi bentuk dan ukuran Tunnel. Gelombang timbul akibat pergerakan Kapal HSC diobservasi di kolam uji yang bisa dikontrol kedalaman perairannya. Dari observasi percobaan model kapal  yang dilakukan , Body kapal bentuk HSC lebih unggul bila dibandingkan dengan penggunaan bentuk body kapal konvensional , beberapa keunggulan yang diberikan bentuk kapal HSC diantaranya adalah pola dan tinggi gelombang timbul akibat pergerakan kapal lebih baik, effisiensi propeller akan meningkat (aliran yang masuk  propeller disc lebih baik dan efisien serta sudut kemiringan poros bisa diperkecil), pengaruh wake bisa dikurangi karena air mati  (dead water) di daerah buritan kapal tereduksi. Diharapkan  penggunaan kapal Hull Semi Catamaran sangatlah efektif digunakan sebagai sarana transportasi sungai maupun laut ( Sea River Ship ). Pengembangan, rekayasa dan inovasi bentuk Hull Semi Catamaran   dilaksanakan di Laboratorium Hidrodinamika  (UPT-BPPH, BPP Teknologi).

References

Cicquini,C ; Venini P; Tiano,A :,†design of sea river ship by optimizationâ€, struct Multidisc Optim, 22, p 240-247

Chen,XN ; Gronarz,A ; List,A : ,†Flow around ships sailing in shallow water , experimental and numerical Resultsâ€, Twenty third symposium on Naval Hydrodinamics

Dubrovsky,V :,†ships with outriggersâ€, Backbone Pub.Co., 2004

Dubrovsky,V ; Lyakhovitsky,A :,†Multihull shipsâ€, Backbone Pub. Co. 2004

Leksono,S :,†A new design concept of apllying barge Tunnel body as a River-sea Transportation,†JSPS-BPPT meeting, 2004

Murdijanto, Utama, IKAP and Jamaludin, A, An Investigation into the Resistance/Powering and Seakeeping Characteristics of River Catamaran and Trimaran, Makara Seri Teknologi, Vol. 15, No. 1, 2011

Downloads

Published

2017-08-15