KONSISTENSI PENGARUH SUMBERDAYA DALAM MENDUKUNG DAYA SAING GALANGAN KAPAL NASIONAL

Authors

  • Buana Ma'ruf PTRIM, Deputi Bidang TIRBR BPPT
  • Ahmad Bisri PTRIM, Deputi Bidang TIRBR BPPT

DOI:

https://doi.org/10.29122/mipi.v12i3.3076

Abstract

Daya saing di pasar global menjadi isu penting bagi galangan kapal nasional. Sejumlah referensi menunjukkan, daya saing bergantung pada keunggulan faktor-faktor internal (sumberdaya) dan tingkat respon terhadap faktor-faktor eksternalnya. Penelitian ini mengidentifikasi pengaruh sumber-daya berwujud dan tidak berwujud pada galangan kapal kelas menengah dan besar di Indonesia, dibandingkan dengan penelitian sejenis yang telah dilakukan pada tahun 2005. Penelitian dilakukan terhadap 20 faktor internal, dengan metode kuesioner kepada responden pilihan (pemangku kepentingan), diperoleh 106 jawaban responden dan dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan, faktor-faktor yang berpengaruh dominan untuk menciptakan daya saing berkesinambungan relatif sama, yaitu masih amat bergantung pada ketepatan waktu penyerahan dan mutu produknya, namun harga jual produk kini tidak menjadi prioritas utama, baik pada bisnis bangunan baru maupun di bisnis reparasi kapal. Pembeda utamanya adalah, faktor engineering berpengaruh penting pada bisnis bagunan kapal baru, dan faktor lokasi galangan berpengaruh penting pada bisnis reparasi kapal. Hasil penelitian ini juga menunjukkan sumberdaya tak berwujud lebih berpengaruh dominan pada kedua bisnisnya, yang dapat menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Kata kunci: galangan kapal, sumberdaya berwujud dan tak berwujud, daya saing

Author Biography

Buana Ma'ruf, PTRIM, Deputi Bidang TIRBR BPPT

References

Hall, Richard, The Strategic Analysis of Intangible Resources, Strategic Management Journal, Vol.13, 1992, p135-144.

Ma’ruf, B., Okumoto, Y., Widjaja, S., Environment-Based Strategic Management Model for Indonesia’s Medium-Sized Shipyards, Journal of Ship Production, SNAME, USA, Vol.22, No.4, 2006, p195-202.

Ma’ruf, B., Aplikasi Manajemen dan Teknologi untuk Mendorong Daya Saing Industri Kapal dan Industri Pelayaran Nasional, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXI, Surabaya, Juli 2014, pMU-2.1-MU-2.23.

BRS Group, Shipping and Shipbuilding Markets, Annual Review, 2016.

UNCTAD, Review of Maritime Transport, 2015.

SAJ (The Shipbuilders Association of Japan), Shipbuilding Statistics, March 2016.

Bruce, G.J., Garrard, I., The Business of Shipbuilding, 1999, London-Hongkong: LLP.

PAK, Ji Yeong, et al., Fuzzy MCDM Approach for Evaluating Intangible Resources Affecting Port Service Quality, Elsevier, The Asian Journal of Shipping and Logistics 31 (4), 2015, p459-468.

Orth, R., et al., Sustainable Corporate Development Measured by Intangible and Tangible Resources as well as Targetted by Safeguard Subjects, 12th Global Conference on Sustainable Manufacturing, Elsevier, 2015, p630-634.

Hall, Richard, A Framework Linking Intangible Resources and Capabilities to Sustainable Competitive Advantages, Strategic Management Journal, 14, 1993, pp 607-618.

Grant, R.M., The Resource-Based Theory of Competitive Advantage: Implications for Strategy Formulation, California Management Review, Spring, 1991, p114-135.

Wernerfelt, B., A Resource-based View of the Firm, Strategic Management Journal, Vol.5, 1984, p171-180.

Harvard Business Review, Strategy: Seeking and Securing Competitive Advantage, HBS Press, Boston M.A., 1991.

David, Fred R., Strategic Management, Concepts and Cases, 9th Edition, 2003, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Ma’ruf, B.; Widjaja, S., Analisis Faktor Internal dan Eksternal Bidang Usaha Industri Kapal, Neptunus, Majalah Ilmiah Kelautan, Volume 11, Nomor 2, 2005.

Hair, J.F., et al., Multivariate Data Analysis, 5th Edition, 1998, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Levin, R.I., Rubin, D.S., Statistics for Management, 7th Edition, 1998, Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Nucilita, A. L., et al, The Intangible Assets-A New Dimension in the Company’s Success, Elsevier, Procedia Economics and Finance 3, 2012, p304-307.

Vodak, J., The Importance of Intangible Assets for making the Company’s Value, Human Resources Management & Ergonomics, Volume V, 2011.

Contractor, F., et al., Firm-specific Intangible Assets and Subsidiary Profitability: The Moderating Role of Distance, Ownership Strategy and Subsidiary Experience, Elsevier, Journal of World Business, 51, 2016, p950-964.

Downloads

Published

2018-12-19