PERANCANGAN DAYA GERAK PERAHU RAWA BERBASIS PROPULSI UDARA GUNA MENINGKATKAN KINERJA WAHANA PATROLI TNI AL

Authors

  • A. Paripurna Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
  • Samudro Samudro
  • Suwahyu Suwahyu
  • Rinal Kharis
  • H. Suyanto

DOI:

https://doi.org/10.29122/mipi.v13i1.3097

Abstract

Perahu Rawa (swamp boat) sebagai wahana taktis patroli militer TNI-AL dapat digunakan di rawa-rawa, perairan dangkal maupun sungai pedalaman. Perahu dirancang berbahan aluminium alloy dengan struktur lambung dasar rata (bottom flat) dilengkapi sistem propulsi berbaling-baling udara sehingga mampu melaju dan olah gerak dengan kecepatan tinggi. Sebagai wahana operasi patroli militer, kinerja perahu rawa perlu ditingkatkan melalui optimasi daya gerak sistem propulsi berbasis perhitungan hidro-aero dinamika dalam rancang bangun perahu rawa. Dalam studi ini dihasilkan rancangan perahu rawa berukuran 5,8 m dengan bobot 2 Ton, mampu berkecepatan 50 Knot, dengan hambatan air 6198,34 N sehingga membutuhkan tenaga dorong 267,5 HP. Dari evaluasi perbandingan dalam perhitungan daya dorong berbasis perhitungan hidrodinamika dan berbasis perhitungan serodinsmiks memakai baling-baling udara (engine propeller thrust) pada efisiensi 80%, untuk mencapai kecepatan 50 knot pada kondisi hambatan air 6198,34 N membutuhkan tenaga dorong  (thrust) 8921,92 N setara daya dorong 238, 1 HP. Karenanya untuk mengoptimalkan daya dorong sistem propulsi sebagai penggerak perahu pada kecepatan lebih dari 20 Knot yang disyaratkan, digunakan mesin diesel dengan tenaga 275 HP/2500-3000 RPM dilengkapi baling-baling udara berbahan komposit diameter 78â€. Hasil pengujian berlayar perahu rawa di lapangan menunjukan hasil peningkatan kinerja kecepatan operasi 50%, dicapai pada pada putaran bali-baling 2362,5 RPM dengan prestasi kecepatan perahu rawa hingga 30 knot.

References

Dadang Subagja, Kuasai medan untuk menangkan pertempuran di laut, Buletin Hidro-Oseanografi, Dishidros TNI AL, Ed. 02/XIII, 2012.

Dislitbang TNI AL, Technical Specification (Tecspec) Rancang Bangun Perahu Rawa (Swamp Boat), 2013 (Tidak dipublikasikan).

Adam P.Lepek, Optimization of an Air boat Design, The Lee Honors Collage, Thesis, Western Michigan University, USA, 2012.

Dumment R., Design of Propulsion Systems for High-speed Craft The Use of Airboat in Ice and Water Rescue Emergencies. Fire Eng., pp. 113-126, 2004.

Data berbagai sumber : Commercial Marine Engine brochures / web-side.

//www.whirlwindpropellers.com, Whirlwind Propellers, Composite Airboat Propeller Instruction, Whirlwind Propellers Corporation, El Cajon, California, USA.

Insel, M. and Molland, A.F., An Investigation into the Resistance Components of High Speed Displacement Catamarans. Meeting of the Royal Institution of Naval Architect, UK, 1991.

Sv. Aa. Harvald, Tahanan dan Propulsi Kapal (buku terjemahan) Airlangga University Press, Surabaya, 1991

//www.mandieselturbo.com, Basic Principle of Ship Propulsion, MAN Diesel & Turbo, 2450 Copenhagen SV, Denmark

Daniel Savitsky, Hydrodynamic design of planning hulls, Marine Technology Journal, Vol 1, No. 1, p. 71-95, SNAME-USA, Oct 1964.

W.B Garner, Model Airplane Propeller, Air-Propeller research document, wbgarner08@verizon.net, March 2009.

Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan -BPPT, Laporan Rancang bangun kapal swampboat, 2013. (Tidak dipublikasikan).

Abid P, Samudro, Suwahyu, Noor F.R, Pengujian Berlayar Prototip Kapal Patroli Rawa – TNI AL Untuk Pemenuhan Standar Operasi Militer, Proceding Seminar 12th AMTeQ-LIPI, GWB - Puspiptek, Serpong, Tangsel, 12 Oktober 2017.

Downloads

Published

2019-04-19