Analisis Kerusakan Gerbong Datar “PPCW“ 42 Ton Akibat Beban Operasi

Anwar -, M. Gozali

Abstract


Beberapa unit gerbong PPCW kapasitas 42 ton yang digunakan untuk pengangkutan semen, mengalami retak pada bagian rangka bawah. Untuk menegetahui penyebab terjadinya retak tersebut, dilakukan penelitian dengan cara mengukur tegangan yang terjadi pada saat gerbong beroperasi. Hasil penelitian berupa besaran tegangan rata-rata dan tegangan amplitudo yang diukur secara real-time pada berbagai kondisi jalan, dianalisis dengan menggunakan pendekatan diagram batas lelah. Hasil analisis menunjukkan bahwa tegangan pada beberapa titik berada pada daerah kritis atau diagram garis batas lelah. Hal ini merupakan penyebab terjadinya kerusakan struktur rangka bawah gerbong PPCW. 

 


Full Text:

PDF

References


Standar Tata Cara Pengujian dan Sertifikasi Kelaikan Gerbong, Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 17 Tahun 2011.

Standar Spesifikasi Teknis Gerbong, Peraturan Menteri Perhubungan RI No. KM 43 Tahun 2010.

Majalah Kereta Api Indonesia, “Gerbong Datar Multiguna”, Juli 2015.

Carbon Structural Steel Plate, JIS G 3101, SS 400 Steel, JIS Handbook, Ferrous Materials & Metalurgy II, 2009.

Deicy Corp., “PL-U4610 DR600CTL Instruction Manual”, Rev. 1.55, Tokyo, 2013.

Passenger Rolling Stock - Trailer Bogies - Running Gear - Bogie Frame Structure Strength Tests, UIC 515-4, 2003.

Bannantine, Julie, A., “Fundamental of Metal Fatigue Analysis”, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1990.

Daily,J,W, “Experimental Stress Analysis” second edition, Mc Graw Hill, 1978.

Deicy Corp., “PL-U4101C1 PcWaveForm Instruction Manual Basic Edition”, Rev. 3.05, Tokyo, 2007.

Peter C.McKeighan, Narayanaswami Ranganathan, “Fatigue Testing and Analisys under Variable Amplitude Loading”, American Society for Testing and Materials International, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.29122/mkk.v15i2.3371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.