ANALISA TEKNO-EKONOMI BIO-CNG SEBAGAI BAHAN BAKAR GAS TERBARUKAN DI INDONESIA

Main Article Content

Yudiartono Yudiartono
Ira Fitriana
Ratna Etie Puspita Dewi
Prima Trie Wijaya
Nona Niode
Nini Gustriani

Abstract

Produksi limbah cair pengolahan kelapa sawit (POME) yang berlimpah di Indonesia menjadi faktor
pendukung yang perlu menjadi perhatian, karena akan menimbulkan masalah lingkungan. Untuk itu
limbah POME perlu dikonversi misalnya menjadi biogas, kemudian diupgrade menjadi biometana,
agar beban pencemaran terhadap lingkungan akan berkurang. Konsep dasar upgrading biogas
menjadi biometana adalah untuk menaikkan kandungan metana (CH4) dalam raw biogas dengan
menurunkan kandungan karbondioksida (CO2), untuk meningkatkan nilai kalori raw biogas. Selain itu,
dilakukan pula penghapusan produk korosif, terutama hidrogen sulfida (H2S), air (H2O), dan beberapa
unsur pengotor lainnya (H2, N2, O2). Proses ini dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai jenis
teknologi pembersihan dan peningkatan kualitas bogas. Teknologi tersebut diantaranya adalah amine
scrubbing, water scrubbing, pressure swing adsorption, dan pemisahan membrane.Adapun distribusi
biometana bisa dalam bentuk BioCNG, biasa disebut CBM (Compressed Biomethane), untuk
digunakan sebagai bahan bakar pada sektor transportasi dan industri. Pola distribusi produk BioCNG
yang paling layak adalah pemanfaatan BioCNG untuk kendaraan secara onsite. Model yang
digunakan berupa SPBG small fast fill, yaitu tipe SPBG dengan ukuran kecil, dimana pengisian
BioCNG dilaksanakan secara cepat, seperti pengisian BBM di SPBU. Biaya pengadaan BioCNG
tersebut adalah sebesar Rp. 4.242/LSP s.d. Rp. 4.563/LSP. Namun jenis distribusi dengan
menggunakan tube trailers atau GTM (Gas Transport Module) ke SPBG Daughter sangat tidak
ekonomis, karena biaya pengadaan BioCNG-nya rata-rata lebih dari Rp. 8.000/LSP. Dengan
demikian, untuk tipe distribusi jenis GTM - SPBG Daughter tidak dianjurkan untuk diterapkan di
Indonesia.
Kata kunci: BioCNG, Compressed Biomethane (CBM), SPBG, Gas Transport Module (GTM)

Article Details

How to Cite
Yudiartono, Y., Fitriana, I., Dewi, R. E. P., Wijaya, P. T., Niode, N., & Gustriani, N. (2020). ANALISA TEKNO-EKONOMI BIO-CNG SEBAGAI BAHAN BAKAR GAS TERBARUKAN DI INDONESIA. Jurnal Energi Dan Lingkungan (Enerlink), 14(2). https://doi.org/10.29122/elk.v14i2.4277
Section
ARTICLE