Guide for Authors

SEBELUM MENGIRIMKAN NASKAH, ANDA WAJIB MEMBUAT AKUN SEBAGAI "AUTHOR" (PENULIS) MELALUI TAUTAN BERIKUT: <<<MENDAFTAR AKUN>>>. SEBAGIAN PENULIS POTENSIAL MENGELUHKAN KESULITAN DALAM PENDAFTARAN SEBAGAI AUTHOR, UNTUK ITU SILAKAN MENGHUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP (08811426869 atau emai: jurnal.bbi@bppt.go.id) UNTUK KAMI BANTU TERKAIT REGISTRASI SEBAGAI PENULIS DAN TERKAIT PENGIRIMAN NASKAH.

PETUNJUK UNTUK PENULIS (GUIDE FOR AUTHOR). SILAKAN MENGUNDUH TEMPLATENYA <<<DI SINI>>>. GFA INI DAPAT SEWAKTU-WAKTU BERUBAH.

Perlu diketahui bahwa mulai tahun 2020, artikel yang dikirim dan akan diterbitkan daring di JBBI akan dikenakan Article Processing Charges sebesar Rp. 750.000,00 (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per artikel.  Di luar itu, ada biaya tambahan Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) yang akan dikenakan kepada penulis apabila penulis tidak lengkap dalam mengisi form metadata (seluruh nama dan biodata semua penulis) saat mengirimkan manuskrip, dan tidak secara ketat mengikuti aturan penulisan lainnya . 

 

JUDUL ARTIKEL DALAM BAHASA INDONESIA (HURUF BESARTEBAL, TENGAH, ARIAL 14, tidak melebihi 15 kata)

 

Article Title in English (Capitalized each word, Arial 12, Centre)

 

Penulis Pertama (huruf awal kapital, tanpa gelar, centre, Arial bold 10)

Apabila nama penulis lebih dari satu maka alamat email penulis korespondensi diberi tanda bintang (*). Alamat Instansi (tengah, tidak tebal, arial 10)

*Email: penulis@address.com

 

ABSTRACT (Arial Bold 10, 1 cm from left and right margin)

Abstract should be written in Indonesian and English using Arial font, size 10 point, italic, single spacing. Abstract should contain background, objective, methods, results, and conclusion from the research. It consists of one paragraph and should be no more than 200 words in Indonesian and 150 words in English. If the article is written in English, the first abstract is in Indonesian, and vise versa.

 

Keywords: 5 keywords and arranged in alphabetical order (Arial 10)

 

ABSTRAK (Arial Bold 10, 1 cm dari margin kiri dan kanan)

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf Arial, ukuran 10, italic, spasi tunggal. Abstrak mencakup latar belakang, tujuan, metode, hasil, serta kesimpulan dari penelitian. Abstrak terdiri dari satu paragraf dengan jumlah kata paling banyak 200 kata dalam bahasa Indonesia dan 150 kata dalam bahasa Inggris. Jika artikel ditulis dalam bahasa Inggris maka abstrak pertama dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya.

 

Kata kunci: 5 kata kunci yang disusun berdasarkan urutan abjad (Arial 10)

 

ATURAN UMUM

Naskah ditulis dalam format kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin atas 2,5 cm, margin bawah 2,5 cm, margin kiri 2,5 cm dan kanan 2 cm. Naskah berupa 1 kolom dengan ukuran huruf 12 Arial. Indent kalimat pertama dalam setiap paragraf adalah 1 cm. Artikel dapat berupa komunikasi singkat (short communication), hasil penelitian (research paper), atau tinjauan (review). Untuk komunikasi singkat, panjang naskah terdiri dari sekitar 2000 kata. Untuk hasil penelitian, panjang naskah tidak lebih dari 8000 kata dengan pendahuluan 400-600 kata. Untuk tinjauan, panjang naskah minimal 2000 (mini review) dan minimal 4000 (review). Jarak antar baris dan antar paragraf adalah dua spasi dan diberi nomor baris di sebelah kiri. Nomor baris berulang tiap halaman.

Naskah hasil penelitian disusun dalam 4 subjudul yaitu: PENDAHULUAN, BAHAN DAN METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN. Subjudul ditulis dengan huruf kapital. UCAPAN TERIMA KASIH (jika ada), DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN (jika ada) ditulis berurutan setelah kesimpulan dan di awal kata tidak diberi nomor. Subjudul untuk naskah bahasa Inggris sebagai berikut: INTRODUCTION, MATERIALS AND METHODS, RESULTS AND DISCUSSION, CONCLUSION. ACKNOWLEDGEMENT (jika ada), REFERENCES dan APPENDIX (jika ada) ditulis berurutan setelah CONCLUSION. Sub-subjudul (jika ada) ditulis tanpa penomoran, dengan huruf kapital di awal kata pertama, bold, dan panjangnya tidak melebihi satu baris. Aturan penulisan naskah REVIEW (ULASAN) menyesuaikan dengan susunan subjudul dan sub-subjudul penulisan naskah hasil penelitian, sebagaimana contoh (klik tautan berikut).

Penggunaan catatan kaki tidak diperkenankan. Simbol ditulis dengan jelas dan konsisten. Istilah asing ditulis dengan huruf italic. Singkatan harus dituliskan kepanjangannya secara lengkap saat disebutkan pertama kali, setelah itu ditulis singkatannya saja.

 

PENDAHULUAN (ARIAL 12, HURUF KAPITAL, BOLD)

Pendahuluan mencakup hal-hal berikut ini: latar belakang, tinjuan hasil-hasil penelitian terkait sebelumnya dan ungkapan keterbaruan penelitian ini, perumusan masalah, tujuan, teori, dan hipotesis (jika ada).

 

BAHAN DAN METODE (ARIAL 12, HURUF KAPITAL, BOLD)

 

Tempat dan waktu penelitian (Arial 12, Huruf awal kata pertama kapital, Bold)

Tempat dan waktu penelitian harus ditulis secara spesifik dan serinci mungkin. Naskah hasil penelitian dibatasi dalam 5 tahun terakhir.

 

Bahan (Arial 12, Huruf awal kapital, Bold)

Alat dan bahan utama yang digunakan dalam penelitian harus ditulis dengan cara ilmiah, yaitu rasional, empiris dan sistematis. Sampel yang diambil wajib mencantumkan asalnya, termasuk koordinat GPS yang dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi google map.

 

Metode (Arial 12, Huruf awal kapital, Bold)

Metode penelitian wajib ditulis secara ilmiah menggunakan kalimat pasif. Metode yang digunakan harus mengacu pada metode dalam penelitian sebelumnya, kecuali naskah penelitian tentang pengembangan metode. Metode analisis data yang digunakan wajib dicantumkan.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN (ARIAL 12 BOLD, HURUF KAPITAL)

Seluruh tabel dan ilustrasi (gambar, skema, grafik) wajib ditampilkan beserta judul (caption) tabel dan gambarnya dan diletakkan pada halaman terpisah setelah daftar pustaka. Selain itu, seluruh file asli (original tanpa modifikasi apa pun) dari foto, gambar, bagan, skema, data excel, grafik, dan diagram tersebut juga wajib dikirimkan sebagai file terpisah dan diunggah dengan menekan tombol “Add Supplement File” saat melakukan submit naskah secara online. Semua foto dan gambar wajib beresolusi tinggi minimal 300 dpi dalam format jpeg/png dan semua data numerik dalam format excel. Grafik wajib dalam 2 dimensi dan tidak diperkenankan dalam 3 dimensi, kecuali dalam keadaan khusus, misalnya kurva permukaan respon. Gambar obyek penelitian wajib mencantumkan skala ukuran, berlatar belakang polos dan berwarna kontras dengan obyek tersebut. Tidak dibenarkan mengirimkan tabel, grafik, diagram, gambar, dan ilustrasi lain dalam bentuk sketsa tangan, hasil scan, atau fotokopi.            

Tabel hanya menggunakan garis horizontal, teks dalam tabel ditulis dengan huruf arial ukuran 9 dan berjarak satu spasi dari judul tabel. Judul tabel ditulis dengan huruf arial ukuran 9 dan ditempatkan di atas tabel. Kata tabel dan nomor tabel ditulis tebal. Penomoran tabel menggunakan angka Arab (1,2, 3, dst…..).  Keterangan tabel ditulis dengan huruf arial ukuran 9 dan ditempatkan di bawah tabel.

Angka desimal wajib dipisahkan menggunakan koma untuk naskah berbahasa Indonesia, dan titik untuk naskah berbahasa Inggris. Nama material organik ataupun organisme yang diteliti wajib disebutkan nama ilmiahnya. Nama ilmiah spesies (termasuk varietas, subspesies, dan lain-lainnya) harus dicetak miring kecuali untuk kalimat yang sudah tercetak miring, dan sebaliknya. Untuk penyebutan pertama kali di awal, nama ilmiah (genus, spesies, penemu spesies), dan strain atau kultivar harus disebutkan secara lengkap. Setelah itu, baru nama genus bisa disingkat, dan nama penemu spesies bisa dihilangkan. Nama genus tetap ditulis lengkap jika penyingkatan dapat membingungkan pembaca.

Penamaan bahan kimia wajib mengikuti panduan IUPAC - IUB. Untuk urutan DNA, dianjurkan menggunakan format huruf Courier New. Simbol bahan kimia standar dan singkatan nama kimia dapat digunakan, misalnya Dimethyl sulfoxide (DMSO) dan setelah itu cukup menyebutkan singkatannya saja DMSO.

Satuan pengukuran menggunakan Sistem Internasional dengan mencantumkan singkatannya, yakni g, mg, mL, mm, dan sebagainya. Pangkat minus (m-2, L-1, h-1) dianjurkan untuk digunakan kecuali pada keadaan khusus seperti "per tabung" atau "per hari". Simbol matematis dan simbol satuan seperti m, q, r, °, ´, × , ³, £,  =, <, >, +, -, dan sebagainya wajib disisipkan dari menu Symbols pada Word, dan bukan dengan cara mengetikkan huruf atau karakter padanannya menggunakan keyboards komputer seperti m, 0, p, o, x, >=, <=, =, <, >, +, _, dan seterusnya. Angka dan satuannya dipisahkan jarak 1 spasi (contoh: 15 mL) kecuali pada angka dan simbol persen, dan pada penulisan suhu (contoh: 75%, 60°C).

Persamaan atau rumus matematis ditulis menggunakan format equation. Angka sebesar satu hingga sepuluh dinyatakan dalam kata, kecuali terkait hasil pengukuran. Angka lebih dari sepuluh ditulis menggunakan angka kecuali di awal kalimat. Angka pecahan ditulis dalam desimal, dan bentuk persen ditulis menggunakan simbol "%". Gagasan ditulis menggunakan kalimat sederhana, jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

Penulis agar mencantumkan minimal 2 buah foto dari sampel biologis dan/atau organisme yang diteliti sendiri oleh penulis, dan bukan mengambil foto milik pihak lain. Jika sampel atau organisme tersebut berukuran mikroskopis, foto minimal 2 buah: foto mikroskopis dan makroskopis. Jika organisme tersebut berukuran makroskopis, foto minimal 2 buah: close up pada bagian atau organ yang diteliti, dan foto full keseluruhan organisme tersebut. Penampilan foto sampel organisme dapat dilihat pada contoh ini atau tautan ini.

Tabel dan gambar kecil wajib memiliki lebar 7,7 cm, sedangkan tabel dan gambar besar wajib memiliki lebar 16,45 cm. Tinggi gambar proporsional menyesuaikan lebarnya. Penomoran tabel gambar menggunakan angka Arab (1,2, 3, dst…..).

Penulisan judul gambar menggunakan huruf arial berukuran 9, justified, dile-takkan di bagian bawah gambar dengan jarak 1 spasi ukuran font 9, seperti pada contoh. Kata gambar dan nomor gambar ditulis bold. Gambar yang diambil dari publikasi penulis lain wajib disebutkan sumbernya dalam judul gambar.

Grafik ditampilkan dengan cara penyajian yang sederhana tanpa warna latar dan tanpa garis skala horisontal. Sumbu vertikal dan horisontal berwarna hitam, ukuran ketebalan 1 point, dan tick di luar garis. Seluruh label pada grafik, baik berupa abjad dan angka, berukuran 9 Arial normal.

 

KESIMPULAN

Kesimpulan bisa berupa kesimpulan khusus dan kesimpulan umum. Kesimpulan khusus merupakan hasil numerik analisa data atau hasil uji hipotesa tentang fenomena yang diteliti. Kesimpulan umum sebagai hasil generalisasi atau keterkaitan dengan publikasi terdahulu.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih bisa disampaikan kepada pemberi dana penelitian, lembaga yang mendukung penelitian, sumber yang memberi material penelitian, dan pihak-pihak lain yang terkait.

 

DAFTAR PUSTAKA

Penulisan daftar pustaka sesuai dengan urutan pengutipannya dalam naskah. Jumlah minimal sumber acuan (pustaka) dalam satu tulisan adalah 15 untuk komunikasi singkat, 25 untuk hasil penelitian, 40 untuk  tinjauan singkat, dan 50 untuk tinjauan. Paling sedikit 80% merupakan sumber acuan primer yang bernomor DOI dan 80% merupakan terbitan sepuluh (10) tahun terakhir. Sumber acuan primer adalah sumber acuan yang langsung merujuk pada bidang ilmiah tertentu, sesuai topik penelitian dan sudah teruji. Sumber acuan primer dapat berupa: tulisan dalam makalah ilmiah dalam jurnal internasional maupun nasional terakreditasi, hasil penelitian di dalam disertasi, tesis, maupun skripsi. Sumber acuan makalah jurnal wajib memiliki ISSN, DOI (atau identitas digital lainnya), dan bukan termasuk jurnal predator. Buku (textbook) termasuk dalam sumber acuan sekunder, dan wajib bersifat ilmiah yang bukan populer, dan memiliki ISSN. Format cara mengutip dan daftar pustaka yang digunakan wajib menggunakan aplikasi Mendeley Desktop (dapat diunduh gratis di https://www.mendeley.com/downloads dan diinstall) dan mengacu pada style Applied Microbiology and Biotechnology (dapat dinstall dengan menekan tombol “install style” di laman berikut https://csl.mendeley.com/styleInfo/?styleId=http%3A%2F%2Fwww.zotero.org%2Fstyles%2Fapplied-microbiology-and-biotechnology , panduan lengkapnya silakan diunduh <<<DI SINI>>> ). Style tersebut memiliki aturan penulisan sebagaimana berikut:

Referensi dalam naskah dikutip dengan nama dan tahun dalam tanda kurung. Tidak diperkenankan melakukan kutipan berantai (misalnya: Srikandi (2016) dalam Banu et al. (2018)). Makalah berpenulis jamak dikutip dengan "et al."; makalah berpenulis ganda harus dikutip kedua penulisnya. Berikut ini sejumlah contoh:

  • Penelitian negosiasi mencakup banyak disiplin ilmu (Thompson 1990).
  • Hasil ini kemudian dibantah oleh Grice dan Segre (2012).
  • Dampak ini telah banyak dipelajari (Abbott 1991; Barakat et al. 1995;. Kelso dan Smith 1998; Medvec 1993).

 

Daftar pustaka (Bibliography) harus mencakup karya yang dikutip dalam teks dan yang telah diterbitkan atau diterima untuk diterbitkan. Komunikasi pribadi dan karya yang tidak dipublikasikan harus disebutkan dalam teks saja. Penulisan daftar pustaka harus ditulis berurutan berdasarkan huruf awal dari nama belakang penulis pertama karya yang dikutip.

 

Artikel Jurnal

  • Gamelin FX, Baquet G, Berthoin S, Thevenet D, Nourry C, Nottin S, Bosquet L (2009) Effect of high intensity intermittent training on heart rate variability in prepubescent children. Eur J Appl Physiol 105:731-738. doi: 10.1007/s00421-008-0955-8

 

Artikel tanpa edisi cetak ber-DOI

  • Slifka MK, Whitton JL (2000) Clinical implications of dysregulated cytokine production. J Mol Med. doi: 10.1007/s001090000086

 

Buku

  • South J, Blass B (2001) The future of modern genomics. Blackwell, London
  • Sismindari, Rumiyati, Jenie RI, Meiyanto E (2016) Biokimia farmasi. UGM Press, Yogyakarta

 

Bab dalam buku

Brown B, Aaron M (2001) The politics of nature. In: Smith J (ed) The rise of modern genomics, 3rd edn. Wiley, New York, pp 230-257

 

Nirwati H, Praseno, Mustofa M (2014) Isolasi Candida sp dan pola kepekaannya terhadap berbagai antijamur di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran UGM. Libmed UGM, Yogyakarta, hal 126-136

 

Dokumen daring

Cartwright J (2007) Big stars have weather too. IOP Publishing PhysicsWeb. http://physicsweb.org/articles/news/11/6/16/1. Accessed 26 June 2007

 

Pratama IPD (2017) Hari tanpa bayangan di Bali. Fisik@net Referensi Utama. http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?artikel&1508072631&1. Diakses 04 Januari 2019

 

Disertasi dan skripsi

Trent JW (1975) Experimental acute renal failure. Dissertation, University of California

Dinarti D (2012) Perbanyakan dan induksi umbi lapis mikro bawang merah secara in vitro. Disertasi, Institut Pertanian Bogor

 

PETUNJUK UNTUK PENULIS (GUIDE FOR AUTHOR). SILAKAN MENGUNDUH TEMPLATENYA <<<DI SINI>>>. GFA INI DAPAT SEWAKTU-WAKTU BERUBAH