ANALISIS PENGARUH SUDUT DEADRISE PLANNING CRAFT TERHADAP STABILITAS DAN SEAKEEPING
Main Article Content
Abstract
Perancang kapal berusaha untuk memperoleh stabilitas dan seakeeping yang baik terlebih untuk kapal cepat bertipe planning hull. Tipe ini memiliki deadrise sehingga lambungnya bentuk ‘V’ sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh besar sudut deadrise terhadap stabilitas dan seakeeping. Objek penelian adalah kapal planning hull Series 62: parent model 4677-1. Metode penelitian menggunakan simulasi komputer dengan bantuan software dan perhitungan stabilitas tersebut dibandingkan dengan metode Krylov II. Hasil penelitian menyatakan bahwa tiga variasi deadrise yaitu 10°, 13°, dan 18°, sudut deadrise yang kecil memberikan stabilitas yang baik tetapi mengurangi olah gerak kapal (seakeeping) sedangkan sudut deadrise yang besar akan mengurangi kemampuan stabilitas kapal tetapi memiliki seakeeping yang baik. Ketiga model tersebut sama-sama memenuhi regulasi stabilitas IMO. Sehingga besar sudut deadrise yang direkomendarikan untuk penelitian ini adalah 13°.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan artikel pada Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
-
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk penerbitan pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC-BY-NC-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
-
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karyanya. publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis harus mengisi dan mengirimkan kembali perjanjian pengalihan hak penerbitan ketika mereka telah menyetujui bukti akhir yang dikirim oleh Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim sebelum publikasi.
References
Aryawan, W. D. & Putranto, T., 2018. The Hydrodynamics Performance of Aquaculture Fishing Vessel in Variation of Deadrise Angle and Sponson. International Journal of Mechanical and Production, 8(2), pp. 263-272.
Blount, D. L. & Clement, E. P., 1963. Resistance Tests of a Systematic Series of Planing Hull Forms. SNAME Transactions, pp. 491-579.
Luhulima, R. B., Setyawan, D. & Utama, I. K. A. P., 2014. Selecting Monohull, Catamaran and Trimaran as Suitable Passenger Vessels based on Stability and Seakeeping Criteria. Kuala Lumpur, Marine Technology Centre, pp. 262-266.
Molland, A. F., Turnock, S. R. & Hudson, D. A., 2017. Ship Resistance and Propulsion. 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press.
Pranatal, E., 2020. Pengaruh Sudut Deadrise terhadap Tahanan Planning Hull. Surabaya, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, pp. 649-655.
Putranto, T., Suastika, K. & Gunanta, J., 2016. Intact Stability Analysis of Crew Boat with Variation of Deadrise Angle. The 2nd International Seminar on Science and Technology, pp. 124-127.
Rawson, K. J. & Tupper, E. C., 2001. Basic Ship Theory Volume 1. Oxford: Butterworth-Heinemann.
Semyonov-Tyan-Shansky, V., 1966. Statics and Dynamics of the Ship. Moscow: Peace Publishers.
Sugiyarto, S., Sulisetyono, A. & Putranto, T., 2016. Analisis Tegangan pada Kapal Perang Tipe Corvette Akibat Beban Slamming. Jurnal Teknik ITS, 5(2), pp. G142-G147.