Simulasi Manuver Turning Kapal Ferry Penumpang

Main Article Content

Ridwan Utina
Cahyadi Sugeng Jati Mintarso

Abstract

Banyaknya kasus kecelakaan kapal dilaut salah satu sebabnya adalah kemampuan manuver kapal yang jelek, hal ini disebabkan kurangnya perhatian para disainer kapal terhadap manuver kapal yang akan dibangun. Untuk menghindari resiko kecelakaan tersebut maka IMO merekomendasikan perlunya
setiap kapal data karakteristik manuver sendiri. Dalam paper ini akan dibahas uji manuver kapal ferry penumpang melalui metode simulasi Numerik dengan menggunakan software manuver SURSIM. Hasil dari program ini dapat digunakan untuk memprediksi kemampuan manuver kapal pada tahap disain.
Tujuan dari simulasi ini adalah untuk menentukan kemampuan kapal untuk berbelok dari lintasan lurus melalui manuver putar (course changing ability) pada kondisi muatan penuh pada sudut kemudi 35 derajat.

Article Details

Section
Naskah Jurnal (Artikel)

References

Davidson, KSM and Schiff, L.J.,”Turning and Course Keeping Quality”, SNAME Proceeding’s New York, NY, 1946.

Hooft J.P, member, and Nienhuis U., “The Prediction of Ship Manoeuvrability in The Design Stage “, MARIN, Wageningen, 1995.

IMO., “Manoeuvrablity of ship and manuvering standards” , Report of working group, Sub-Comitee on Ship Design and Equipment - 36th session, 24 February 1993.

Kijima, K, et al.,” On a Prediction Method of Ship Manoeuvring Characteristic”, Int. Conference on Marine Simulation and Ship Manoeuvrability”, MARSIM ’93, St John, New Founland, 1993.

Rem, A.” Manoeuvring in early design stage”, Lecture of Ship Manoeuvring, Training, MARIN, Wageningen, 1995.