Perancangan Alat Ukur Tinggi Gelombang Skala Lab

Main Article Content

Miftah
Mochammad Nasir
Ronny Wicaksono

Abstract

Pada pengujian Hidrodinamika di MOB UPT BPPH sering sekali menggunakan spectrum gelombang. Salah satunya adalah pengujian Proyek INPEX dimana sebelum dilakukan pengujian terlebih dahulu dilakukan pembuatan spectrum gelombang yang akan digunakan pada saat pengujian berlangsung. Pada kegiatan pembuatan spectrum diperlukan alat ukur / sensor tinggi gelombang yang biasa di sebut WHS ( Wave High Sensor ). Type WHS yang sering digunakan di UPT BPPH adalah WHS type resistance dimana perubahan ketinggian air sebanding dengan konduktifitas dari wave probe. Untuk mendapatkan nilai output dari sensor WHS tersebut dibutuhkan sebuah rangkaian pengondisi sinyal yang sering disebut dengan Pre-Amplifier, dimana komponen utama Pre Amplifier ini adalah rangkaian Sine Wave Oscilator. Pada saat ini di MOB telah dilengkapi 1 set Pre Amplifier untuk WHS sensor, akan tetapi karena faktor waktu Pre Amplifier ini sering mengalami kerusakan. Dengan adanya perancangan Pre Amplifier ini diharapkan pembuatan spectrum gelombang bisa berjalan dengan lancar.

Article Details

Section
Naskah Jurnal (Artikel)

References

Buchla, D & McLachlan, W., Applied Electronic Instrumentation and Measurement, Macmillan Publishing Company, Singapore, 1992.

Carr Joseph J., Sensor and Circuit, PTR Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1993.

Erwandi, Simulasi Gelombang Skala Model di Tanki Percobaan, Presentasi ilmiah Peneliti ke 165, BPPT, 1994.

Instruction Manual Of Laboratorium Hidrodinamika Indonesia, Measuring Instruments, Item no.3042, Volume 13/13, Thyssen – Ferrostaal, 1992.